Henderson Wave Bridge Singapore, Jembatan Unik Di Singapura

Handerson Wave Bridge Singapore

Salah satu cara untuk menikmati keindahan alam maupun pemandangan suatu tempat atau kota yang Anda kunjungi adalah dengan berjalan kaki. Memang, Anda dapat menikmati hal-hal indah dengan menggunakan kendaraan. Namun, dengan berjalan kaki, Anda akan lebih menyatu dengan tempat tersebut yang akan menghadirkan sensasi tersendri. Pun demikian saat Anda berjalan menelusuri Henderson Wave Bridge.


Apa Itu Henderson Wave Bridge?

Henderson Wave Bridge  merupakan salah satu jalan yang dibuat khusus untuk pejalan kaki, sekaligus obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi bila Anda pergi ke Singapura. Tempat ini mulai dibangun pada tahun 2004 oleh IJP Corporation dan RSP Architects, Planner & Engineers. Bangunan ini selesai pada tahun 2008. Dan, pertama kali dibuka pada tanggal 10 Mei 2008 oleh Perdana Menteri Singapura saat itu, yaitu Lee Hsien Loong. Henderson Wave Bridge  terletak diatas jalan bebas hambatan Henderson. Jalan untuk pejalan kaki ini terletak pada ketinggian sekitar 36 meter diatas jalan bebas hambatan ini. Sedangkan panjang Henderson Wave Bridge  hanya 274 meter dengan lebar 8 meter. Meskipun terbilang cukup pendek, namun berjalan di tempat ini menghadirkan nuansa yang berbeda dan tentunya pemandangan yang sangat indah.

Yang Menarik dari Henderson Wave Bridge

Henderson Wave Bridge  dikatakan sebagai salah satu obyek wisata menarik, karena memang tempat ini sangat unik, indah dan berbeda dibandingkan jalan-jalan untuk pejalan kaki lainnya. Selain ukurannya yang tidak terlalu panjang, bentuk dari Henderson Wave Bridge  sangatlah unik dan indah. Bila Anda melihatnya dari sisi belakang Henderson Wave Bridge , Anda akan mendapati sebuah jalan untuk pejalan kaki yang berbentuk seperti ular. Memang, terdapat 7 buah lengkungan besar yang menaungi separuh dari lebar area ini layaknya sebuah atap. Bentuk dari lengkungan ini sangat indah karena didesain tidak secara utuh, melainkan terdiri dari banyak bagian yang menghasilkan lengkungan dengan rongga-rongga di sela-sela tiap bagiannya. Saat sinar matahari menerpa bagian ini, maka akan tercipta bayangan yang indah. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan dengan sinar matahari, karena disekitar jalan ini terdapat banyak pohon. Udara di tempat ini sangat sejuk. Handerson Wave Bridge  juga dikenal sebagai jalan tertinggi yang dibuat khusus untuk pejalan kaki. Karena ketinggiannya, Anda dapat melihat pemandangan sekitar lokasi tempat Henderson Wave Bridge  berada. Jalan unik ini berada di perbukitan di selatan Singapura. Selain itu, jalan ini juga menghubungkan 3 tempat, yaitu Mount Faber, Bukit Telok Blangah dan Kent Ridge Park. Ketiga tempat ini mempunyai taman yang sangat indah, jadi Anda akan mendapatkan pengalaman tidak terlupakan saat menyusuri jalan ini. Yang paling menarik, karena Henderson Wave Bridge  dibangun sangat tinggi, Anda akan mendapatkan beberapa jenis pemandangan yang berbeda. Saat memasuki jalan ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota di selatan Singapura yang mempunyai ciri khas yang kuat, lalu setelah beberapa saat berjalan, Anda dapat melihat pemandangan laut serta pusat bisnis dan industri dari Singapura.

Kayu dan Baja

Henderson Wave Bridge  tidak terbuat dari material atau bahan layaknya seperti yang digunakan pada banyak proyek pembangunan jalan untuk pejalan kaki. Bila biasanya jalan seperti ini menggunakan bahan semen atau sejenisnya, Henderson Wave Bridge  menggunakan kayu dan baja. Baja sebagai rangka utama untuk membentuk jalan ini. Bentuk meliuk-liuk seperti ular yang menghasilkan atap melengkung juga menggunakan dasar yang terbuat dari material baja. Sedangkan kayu, merupakan bahan utama untuk jalan maupun atap. Karena Henderson Wave Bridge  terbuat dari bahan yang dapat dikatakan alami, maka berjalan menyusuri jalan tertinggi di Singapura ini serasa lebih nyaman. Kayu yang digunakan dibentuk sedemikian rupa bahkan melengkung yang membuat jalan ini berbeda dan tampak lebih indah.

Waktu Berkunjung Ke Henderson Wave Bridge

Tertarik untuk mengunjungi jalan unik dan indah ini? Henderson Wave Bridge  dibuka 24 jam, namun untuk mendapatkan pengalaman terbaik, ada waktu tertentu yang bisa Anda pilih. Bila Anda berencana untuk mengunjungi jalan ini pada pagi hari, pilih pada pukul 6 hingga 8 pagi. Anda dapat menikmati udara yang masih segar dan sejuk. Selain itu, pemandangan matahari terbit juga terbilang sangat mengesankan. Untuk Anda yang ingin menghabiskan malam di tempat ini, Anda dapat mencoba mengunjungi tempat ini pada pukul 7 malam hingga 11.30 malam. Anda akan terhibur dengan pemandangan gemerlap cahaya lampu dari kota-kota di selatan Singapura. Bukan hanya itu, Henderson Wave Bridge  juga diterangi oleh ribuan lampu LED yang mulai dinyalakan dari pukul 7 malam hingga 2 dini hari. Lampu-lampu LED ini membuat lengkungan pada Henderson Wave Bridge  lebih terlihat indah. Dapat dikatakan, tempat ini menjadi tempat romantis yang dapat Anda pilih sebagai tempat menghabiskan malam bersama kekasih Anda.

Menuju Ke Handerson Wave Bridge

Untuk menuju ke Henderson Wave Bridge, Anda dapat menggunakan 2 jenis transportasi. Yang pertama adalah dengan menggunakan bus. Dari Vivo City, Anda harus berjalan menuju halte bus nomor 14121. Lalu, Anda naik Bus 131 atau 145 dan berhenti pada pemberhentian ke empat di sepanjang jalan Henderson. Anda perlu menyeberang jalan dan menaiki tangga menuju Telok Blangah Hill. Terus berjalan ke atas hingga melihat tanda Henderson Wave Bridge. Anda juga dapat menggunakan mobil, tetapi tidak disarankan karena tidak praktis dan mengurangi sensasi petualangan di tempat ini.

Tags Populer:

Harga national museum singapore,bahan pemandangan singapura,biaya masuk musium singapore national,harga tiket masuk museum di singapore,harga tiket masuk national museum singapore,harga tiket national museum singapore,pemandangan d singapore,regentprep org us history

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *