Jurong BirdPark Singapura: Taman Burung Terbesar di Dunia

Jurong BirdPark Singapura

Saat mendengar tentang berwisata ke Singapura, sebagian besar orang membayangkan wisata di daerah perkotaan, berbelanja, dan sejenisnya. Padahal, Singapura juga menawarkan beberapa tempat wisata yang menonjolkan unsur alam. Salah satunya adalah Jurong BirdPark Singapura. Sesuai dengan namanya, obyek wisata yang satu ini adalah sebuah taman konservasi untuk burung. Taman burung ini bukan taman burung sembarangan, karena merupakan taman burung terbesar di dunia. Jurong BirdPark sebenarnya sudah ada sejak lama. Taman burung ini dibuka pada tahun 1971, dengan menempati lahan seluas sekitar 20,2 hektar. Desain taman burung ini sangat bagus, karena para pengunjung dapat menjelajahi taman dan melihat-lihat burung-burung yang berasal dari belahan dunia yang berbeda-beda, seperti Amerika Selatan, Asia Tenggara, Afrika, dan sebagainya.

Saat ini di Jurong BirdPark Singapura ada sekitar 8000an burung, yang terbagi menjadi 600 spesies. Ini adalah jumlah yang sangat banyak, sehingga tidak heran jika Jurong BirdPark dinobatkan sebagai taman burung terbesar di dunia. Taman burung ini juga sangat terkenal. Setiap tahun, taman burung ini dikunjungi oleh sekitar 900 ribu orang. Taman burung ini buka dari pagi sampai dengan sore hari. Tapi, sebagian besar pengunjung memilih datang pada pagi hari saat matahari belum terlalu terik bersinar. Untuk menjelajahi taman burung yang sangat luas ini, para pengunjung dapat berjalan kaki. Tapi, jika mereka merasa lelah, mereka bisa naik kereta monorail yang tersedia disana.

Harga tiket masuk ke Jurong BirdPark Singapura cukup terjangkau, yaitu S$18.00 untuk dewasa dan S$9.00 untuk anak-anak. Para pengunjung yang ingin mengelilingi taman burung ini naik monorail harus membayar biaya tambahan sebesar S$5.00 untuk dewasa, dan S$2.50 untuk anak-anak. Selain berjalan-jalan sembari melihat-lihat burung-burung yang ada disana, para pengunjung juga bisa melihat berbagai macam pertunjukan yang melibatkan para burung. Beberapa pertunjukan yang ditawarkan antara lain adalah Kings of the Skies Show, High Flyers Show, dan Lunch with Parrots. Lunch with Parrots sebenarnya bukan murni pertunjukan. Para pengunjung yang mengikuti Lunch with Parrots akan mendapatkan kesempatan langka untuk makan siang dengan ditemani burung beo. Jadwal pertunjukan-pertunjukan ini dapat dilihat di website resmi milik Jurong BirdPark.

Jurong BirdPark Singapura adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi saat berlibur, selain karena koleksi burung-burungnya, juga karena obyek wisata ini menyediakan fasilitas yang lengkap. Para pengunjung yang merasa lapar bisa mengunjungi Bongo Burgers, Ben & Jerry’s Scoop Shop, Lory Loft Cafe, atau Hawk Cafe. Sedangkan bagi para pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan, tersedia beberapa gift shop yang sangat lengkap.

Jam buka Jurong BirdPark Singapura:

Senin 08.30–18.00
Selasa 08.30–18.00
Rabu 08.30–18.00
Kamis 08.30–18.00
Jumat 08.30–18.00
Sabtu 08.30–18.00
Minggu 08.30–18.00

Berikut ini adalah video Jurong BirdPark Singapura:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *